Minggu, 13 September 2015

RPKPS KOMPREHENSIF I

     PROGRAM STUDI  S-1 ILMU KEPERAWATAN
FAKULTAS ILMU KESSEHATAN
UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA


 

KOMPETENSI MATA KULIAH

MATAKULIAH           :  Komprehensif  I
KODE                           :  IP0039
SKS                               :  4 SKS           
SEMESTER                  :  7
PENGAMPU                :   1.Santi Damayanti,S.Kep.Ns., M.Kep.Sp. KMB (SD)4
                                          2.Listyana Natalia R,S.Kep.Ns,MSN (LNR)7
                                          3. Christin Wiyani,S.Kep.,Ns,MSN (CW)5
                                          5. Melania Wahyuningsih, S.Kp .,MSN (MW) 5
                                          6. Lala Budi F,S.Kep.Ns.,M.Kep.,Sp. An (LBF)4
                                          7. Venny Vidayanti,S.Kep.Ns (VV)3
                                         
TELPON/HP                :   1. 081329046243  (WA/SMS)
E-MAIL                        :  1. santi_damaya@yahoo.co.id
Blog                               : http://santidamaya.blogspot.com



BUKU ACUAN UTAMA :
             
1.      Wilkinson,JM (2005) Prentice Hall Nursing Diagnosis handbook with NIC Intervention and NOC Outcomes, upper Saddle River, New Jersey.
2.      NANDA (2015) Nursing Diagnoses Definitions & classification 2015-2017, NANDA International, Philadelpia.
3.      Mc.Closkey et.all. Nursing Interventions Clasification (NIC) Mosby.
4.      Susana. S.k, dkk (2007) terapi modalitas dalam keperawatan kesehatan jiwa
5.      Budi anna keliat (et.al); editor fruriolina (2006). Proses keperawatan kesehatan jiwa edisi 2
6.      Suliswati (et.al); editor monica ester (2005). Konsep dasar keperawatan kesehatan jiwa
7.      Sheila l vide beck .(2008). Buku ajar keperawatan jiwa
8.      WHO.(2006). Pocket Hospital Care For Children: Guidelines For The Management Of Common Illness With Limited Resources.
9.      Editor Waldo Nelson (et.al). (2000). Nelson Ilmu Kesehatan Anak Volume 1-3 Edisi 15.
10.  Departemen Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (2006). Manajemen Terpadu Balita Sakit Modul 1-7
11.  Persis Mary Hamilton; Alih bahasa Ni Lu (2000).Dasar-Dasar Keperawatan Maternitas
12.  Marlyn E.Doenges; Mary Francess M (2001). Rencana Perawatan Maternal/ Bayi: Pedoman Untuk Perencanaan Dan Dokumentasi Perawatan Klien.
13.  F.Gary Gunningham; Paul C  McDonald (1995). Obstetri William
14.  Helen Farrer; alih bahasa Andry Hartono; editor edisi bahasa Indonesia Yasmin Asih (2002). Perawatan Maternitas

DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH :
Fokus Pada pembahasan mengenai penerapan proses keperawatan dalam memenuhi kebutuhan klien anak dan kebutuhan reproduksi yang dikelola secara komprehensif, baik biopsikososiokultural.

TUJUAN MATAKULIAH :
  1. Memberi pemahaman tentang askep pada anak secara komprehensif
  2. Memberi pemahaman tentang askep pada kebutuhan reproduksi secara komprehensif
  3. Memberi pemahaman tentang askep pada jiwa  secara komprehensif.

EVALUASI :
Sistem penilaian dilakukan dengan nilai nisbi kelas dengan komposisi  penilaian berikut :
 UTS : 25 %, UAS : 30%, Praktek (OSCE) : 15%, Tugas = makalah + Diskusi  : 15%, role play  : 10% soft skills : 5%      

JENIS TUGAS :
Tugas Kelompok :
a.    Diskusi kasus
b.    Role Play

DOKUMENTASI MAKALAH
1.      Makalah  harus sudah jadi ketika masuk kelas pertemuan
2.      Makalah ditulis tangan yang rapi/diketik  dikertas folio bergaris
3.      Cover Makalah berisi judul,nama dosen pengampu, kelas, nama kelompok, nama anggota kelompok yang hadir saat diskusi dan nama institusi
4.      Anggota kelompok yang tidak mengerjakan makalah/ tidak hadir selama diskusi, namanya tidak dicantumkan dalam cover makalah.
5.      Makalah dikumpulkan ke masing-masing dosen pengampu sebelum diskusi dimulai.
PERATURAN ROLE PLAY :
1.      Kelompok yang sudah ditunjuk untuk role play bertanggung jawab terhadap jalannya skenario, SOP tindakan keperawatan, peminjaman alat dan ruang skills lab.
2.      Skenario dan SOP tindakan keperawatan wajib di konsultasikan ke dosen pengampu materi paling lambat 5 hari sebelum role play.
3.      Makalah Role play (skenario+SOP tindakan keperawatan) wajib diketik dan diserahkan ke dosen pengampu paling lambat 3 hari sebelum role play.
4.      Kelompok role play wajib membagikan SOP tindakan keperawatan yang sudah di acc dosen pengampu ke kelompok lain.


Dibuat Oleh                          : Santi Damayanti, S.Kep.Ns.M.Kep.,Sp. Kep.M.B
Pada tanggal                          : September 2015
Diperbaiki/Direvisi Oleh       : ……..................……………………………………..

 


 

METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN



 


A.  Kemampuan Intelektual
No.
Kemampuan Intelektual
Metode dan Strategi Belajar Mengajar
Evaluasi
1.
Mampu menganalisa dan berfikir kritis tentang studi kasus yang  komprehensif untuk memenuhi kebutuhan klien pada usia anak dan dewasa dengan gangguan reproduksi
Kuliah interaktif
Kuis,UTS, UAS
2.
Mampu menganalisa masalah kesehatan secara komprehensif pada klien usia anak dan dewasa dengan gangguan reproduksi
3.
Mampu melakukan tindakan preventif maupun rehabilitatif secara komprehensif pada klien dengan usia anak dan dewasa dengan gangguan reproduksi


B. Kemampuan Berkarya
No.
Kemampuan Berkarya
Metode dan Strategi Belajar Mengajar
Evaluasi
1.
Mampu menerapkan proses keperawatan secara komprehensif untuk memenuhi kebutuhan klien pada usia anak dan dewasa dengan gangguan reproduksi
Tugas Kelompok
Kemampuan kerja tim, kemampuan analisis


C. Kemampuan Komunikasi
No.

Kemampuan Komunikasi

Metode dan Strategi Belajar Mengajar
Evaluasi :
1
Mampu menerapkan komunikasi interpersonal & terapeutik dalam bermain peran dan membahas studi kasus secara komprehensif untuk memenuhi kebutuhan klien pada usia anak dan dewasa dengan gangguan reproduksi
Role Play

Penguasaan materi dan keaktifan.


D. Kemampuan Manajerial dan Pengembangan Profesional
No.
Kemampuan Manajerial
Metode dan Strategi Belajar Mengajar
Evaluasi
1.
Mampu menerapkan prinsip safety dan risk managemen dalam penanganan kasus
Praktikum
Penguasaan materi dan keaktifan
2.
Mampu menerapkan prinsip etika dan etiket dalam tindakan keperawatan

 




 

 

 

 

 

 


RPKPS KOMPREHENSIF I

Pokok Bahasan dan Alokasi Waktu

Per
temuan
Pokok Bahasan

Sub-Pokok Bahasan

Waktu
Metode
Pembela
jaran
Pengampu
Kelas & Tanggal
A.9.1
A.9.2
A.9.3
A.9.4
1
Penjelasan silabus
Review pengkajian Askep komprehensif


1.       Penjelasan Consept map
2.       Review Pengkajian secara komprehensif
3.       Review Analisa data
4.       Review Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       Review NOC
6.       Review NIC
100
menit
Kuliah & diskusi interaktif
SD
senin
14/9
Sesi 3
senin
14/9
Sesi 2
senin
14/9
Sesi 5
Senin
14/9
Sesi 1
2
Askep komprehensif  ibu hamil dengan diabetes millitus
1.       Consept map
2.       Pengkajian secara komprehensif
3.       Analisa data
4.       Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       NOC
1.       NIC
100
menit
Diskusi
SD
selasa
15/9
Sesi 1
selasa 15/9
Sesi 5
selasa 15/9
Sesi 4
selasa
15/9
Sesi 3
3
Askep komprehensif pada ibu hamil dengan penyakit jantung
1.       Consept map
2.       Pengkajian secara komprehensif
3.       Analisa data
4.       Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       NOC
6.       NIC
100
menit
Diskusi
SD
senin
21/9
Sesi 3
senin
21/9
Sesi 2
Senin
21/9
Sesi 5
Senin
21/9
Sesi 1
4
Askep komprehensif  ibu hamil dengan AIDS
1.       Consept map
2.       Pengkajian secara komprehensif
3.       Analisa data
4.       Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       NOC
6.       NIC
100
menit
Diskusi
SD
selasa
22/9
Sesi 1
selasa
22/9
Sesi 2
selasa
22/9
Sesi 5
selasa
22/9
Sesi 3
5
Askep komprehensif pada ibu dengan hiperemesis & malnutrisi
1.       Pengkajian ANC  secara komprehensif  ibu dengan risiko

120
mnt
Role Play + Praktikum
LNR
Rabu
23/9
Sesi 2
Rabu
23/9
Sesi 1
Rabu
23/9
Sesi 5
Rabu
23/9
Sesi 4
6
Askep komprehensif pada sepsis
1.       Consept map
2.       Pengkajian secara komprehensif
3.       Analisa data
4.       Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       NOC
6.       NIC
100
menit
Diskusi
LNR
senin
28/9
Sesi 3


senin
28/9
Sesi 2
Senin
28/9
Sesi 5
Senin
28/9
Sesi 1
7
askep komprehensif pada kejang demam
1.       Consept map
2.       Pengkajian secara komprehensif
3.       Analisa data
4.       Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       NOC
6.       NIC
100
menit
Diskusi

LNR
selasa
29/9
Sesi 1
selasa 29/9
Sesi 2
selasa 29/9
Sesi 5
selasa
29/9
Sesi 3
8
Askep komprehensif pada BBLR
1.    Intervensi pada bayi BBLR :
a.     Feeding (pemeriksaan residu)
b.     Termoregulator (KMC)

120
menit
Role Play + Praktikum
LNR
Rabu
30/9
Sesi 2
Rabu
30/9
Sesi 1
Rabu30/9
30/9
Sesi 5
Rabu
30/9
Sesi 4
9
Askep komprehensif anak diare
1.       Consept map
2.       Pengkajian secara komprehensif
3.       Analisa data
4.       Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       NOC
6.       NIC
100
menit
Diskusi
LNR
senin
5/10
Sesi 3
senin
5/10
Sesi 2
senin
5/10
Sesi 5
Senin
5/10
Sesi 2
10
Askep komprehensif tetralogi of fallot
1.       Consept map
2.       Pengkajian secara komprehensif
3.       Analisa data
4.       Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       NOC
6.       NIC
100
menit
Diskusi

LNR
selasa 6/10
Sesi 1

selasa 6/10
Sesi 5
selasa 6/10
Sesi 4
selasa
6/10
Sesi 3
11
Askep komprehensif  pada ikterus neonatorum
1.       Askep bayi  dengan Foto terapi
120
menit
Role Play + Praktikum
LNR
Rabu
7/10
Sesi 1
Rabu
7/10
Sesi 4
Rabu
7/10
Sesi 3
Rabu
7/10
Sesi 2
12
Askep komprehensif  pada ibu Preeklamsia & Hipertensi
1.       Consept map
2.       Pengkajian secara komprehensif
3.       Analisa data
4.       Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       NOC
6.       NIC
100
menit
Diskusi
MW
senin
12/10
Sesi 3
senin
12/10
Sesi 2
Senin
12/10
Sesi 5
Senin
12/10
Sesi 2
13
Askep komprehensif Hemorragic antepartum
e.c plasenta previa
1.       Consept map
2.       Pengkajian secara komprehensif
3.       Analisa data
4.       Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       NOC
6.       NIC
100
menit
Diskusi
VV
selasa 13/10
Sesi 1
selasa 13/10
Sesi 5
selasa 13/10
Sesi 4
selasa
13/10
Sesi 3
14
Askep komprehensif pada ibu dengan abortus & anemia
1.       Consept map
2.       Pengkajian secara komprehensif
3.       Analisa data
4.       Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       NOC
6.       NIC
100
mnt
Diskusi
MW
senin
 19/10
Sesi 1
senin
  19/10
Sesi 2
senin
19/10
Sesi 5
senin
19/10
Sesi 3
15
Askep komprehensif post partum blues
1.       Consept map
2.       Pengkajian secara komprehensif
3.       Analisa data
4.       Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       NOC
6.       NIC
100
menit
Diskusi
MW
selasa 20/10
Sesi 3
selasa 20/10
Sesi 5
selasa
20/10
Sesi 5
selasa 20/10
Sesi 2
16
Askep komprehensif pada ibu dengan SC dan induksi persalinan
1.       Pengkajian INC  secara komprehensif  ibu dengan risiko
2.       Intervensi secara komprehensif ibu dengan induksi dan persiapaan SC
120
mnt
Role Play + Praktikum
VV
Rabu
21/10
Sesi 2
Rabu
21/10
Sesi 1
Rabu
21/10
Sesi 5
Rabu
21/10
Sesi 4
17
Askep komprehensif pada keluarga dengan infertilitas dan PMS
1.       Consept map
2.       Pengkajian secara komprehensif
3.       Analisa data
4.       Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       NOC
6.       NIC
100
menit
Diskusi
MW
senin
 26/10
Sesi 1
senin
  26/10
Sesi 2
senin
  26/10
Sesi 5
senin
  26/10
Sesi 3
18
Askep komprehensif  Post Partum Bleeding (HPP)
1.       Consept map
2.       Pengkajian secara komprehensif
3.       Analisa data
4.       Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       NOC
6.       NIC
100
menit
Diskusi
MW
selasa 27/10
Sesi 3
selasa 20/10
Sesi 1
selasa
20/10
Sesi 1
selasa 20/10
Sesi 2
19
Askep komprehensif dengan anak gangguan Tumbang
1.       Pengkajian keluarga dengan anak gangguan tumbang secara komprehensif
2.       Penggunaan KMS
120
menit
Role Play + Praktikum
LBF
Rabu
28/10
Sesi 3
Rabu
28/10
Sesi 2
Rabu
28/10
Sesi 5
Rabu
28/10
Sesi 4


UTS 2 NOVEMBER – 13 NOVEMBER 2015
20
Askep komprehensif ibu dengan   kanker serviks dan
kanker mamae
1.       Consept map
2.       Pengkajian secara komprehensif
3.       Analisa data
4.       Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       NOC
6.       NIC
100
menit
Diskusi
VV
senin
16/11
Sesi 1
senin
16/11
Sesi 2
senin
16/11
Sesi 5
senin
16/11
Sesi 3

21
Askep komprehensif pada  keluarga dengan anak/ remaja dengan depresi
1.       Consept map
2.       Pengkajian secara komprehensif
3.       Analisa data
4.       Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       NOC
6.       NIC
100
menit
Diskusi

CW
selasa
17/11
Sesi 3
selasa
17/11
Sesi 1
selasa
17/11
Sesi 1
Selasa
17/11
Sesi 2
22
Askep komprehensif pada klien phobia
Pengkajian & intervensi komprehensif  phobia

120
menit
Role Play + Praktikum
CW
Rabu
18/11
Sesi 3
Rabu
18/11
Sesi 2
Rabu
18/11
Sesi 5
Rabu
18/11
Sesi 4
23
Askep komprehensif anak dengan PICA
1.       Consept map
2.       Pengkajian secara komprehensif
3.       Analisa data
4.       Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       NOC
6.       NIC
100
menit
Diskusi

CW
Kamis
19/11
Sesi 2
Kamis
19/11
Sesi 1

Kamis
19/11
Sesi 5
Kamis
19/11
Sesi 4
24
Askep komprehensif pada anak/ remaja dengan perilaku transeksual
1.       Consept map
2.       Pengkajian secara komprehensif
3.       Analisa data
4.       Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       NOC
6.       NIC
100
menit
Diskusi

CW
senin
23/11
Sesi 1
senin
23/11
Sesi 2
senin
23/11
Sesi 5
senin
23/11
Sesi 3

25
Askep komprehensif pada keluarga dengan anak child abuse
1.       Consept map
2.       Pengkajian secara komprehensif
3.       Analisa data
4.       Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       NOC
6.       NIC
100
menit
Diskusi

CW
selasa
24/11
Sesi 3
selasa
24/11
Sesi 1
selasa
24/11
Sesi 1
Selasa
24/11
Sesi 2
26
Askep komprehensif leukemia
1.       Consept map
2.       Pengkajian secara komprehensif
3.       Analisa data
4.       Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       NOC
6.       NIC
100
menit
Diskusi

LBF
Kamis
26/11
Sesi 2
Kamis
26/11
Sesi 1

Kamis
269/11
Sesi 5
Kamis
26/11
Sesi 4
27
Askep komprehensif anak dengan thalasemia
1.       Consept map
2.       Pengkajian secara komprehensif
3.       Analisa data
4.       Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       NOC
6.       NIC
100
menit
Diskusi

LBF
senin
30/11
Sesi 1
senin
30/11
Sesi 2
senin
30/11
Sesi 5
senin
30/11
Sesi 3

28
Askep komprehensif anak Retardasi Mental
1.       Consept map
2.       Pengkajian secara komprehensif
3.       Analisa data
4.       Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.       NOC
6.       NIC
100
menit
Diskusi

LBF
selasa
1/12
Sesi 3
selasa
1/12
Sesi 1
selasa
1/12
Sesi 1
Selasa
1/12
Sesi 2


Total
2100
menit









Tidak ada komentar:

Posting Komentar