Minggu, 13 September 2015

TUGAS KOMPREHENSIF I



BAB 2
ASKEP KOMPREHENSIF IBU HAMIL
DENGAN DIABETES MELLITUS (DIABETES GESTASIONAL)


Kasus                                   
Ny. H 38 tahun, G4 P2A1, usia kehamilan 34 minggu, di rawat di RS dengan keluhan sejak 3 hari yang lalu menyatakan mudah lelah, tidak nafsu makan, mual muntah > 6 kali, lemes, merasa haus, banyak kencing. Dari hasil pemeriksaan BB 90kg, TB 150 cm, TBJ : 2800 gram, hasil laboratorium GDS : 280 mg/dl, riwayat keluarga dengan DM, riwayat melahirkan anak ketiga dengan BBL 4200 gr. Oleh dokter Ny. H dinyatakan mengidap Diabetes Gestasional kemudian diberikan actrapid 5 IU 30 mnt a.c., Ny. H cemas pemberian insulin akan menyebabkan ketergantungan dan menyebabkan gangguan perkembangan janinnya. Selama di RS, Ny. H jarang di tunggu keluarganya karena suami Ny. H harus bekerja, dan orang tua Ny. H juga merawat anak Ny. H.

Diskusikan
1.      Buatlah concept map pada kasus diatas.
2.      Diagnosa keperawatan apa saja yang bisa di tegakkan pada Ny. H (buatlah berdasarkan prioritas)
3.      Tentukan NOC sesuai prioritas diagnosa keperawatan yang ditemukan.
4.      Tentukan NIC sesuai dengan  prioritas diagnosa keperawatan yang ditemukan.
5.      Bagaimana menjelaskan ke Ny. H terkait keluhan mudah lelah, lemes dan banyak kencing.
6.      Bagaimana menjelaskan ke Ny. H terkait tentang manfaat pemberian actrapid 5 IU
7.      Bagaimana perawatan berkelanjutan selama di rumah, jika Ny. H sudah diperbolehkan pulang.




BAB 3
ASKEP KOMPREHENSIF PADA IBU HAMIL
DENGAN PENYAKIT JANTUNG


Kasus :
Ny.R 28 tahun, G1P0A0, hamil 30 minggu, dibawa ke RS dengan keluhan sesak nafas yang progresif. Dari informasi keluarga, Ny.R pernah pingsan sebanyak 3 kali sejak 2 hari yang lalu, tampak sianosis diujung jari tangan dan kaki, tungkai Ny. R mengalami pitting edema +2, peningkatan JVP. Ny. R mempunyai riwayat penyakit jantung sejak masih kecil dengan keluhan sering sesak nafas, mudah lelah, dan pingsan. Oleh dokter, Ny. R tidak dianjurkan untuk hamil, mengingat kondisinya yang lemah. Akan tetapi Ny. R sangat menginginkan kehadiran anak, sehingga Ny. R berupaya untuk hamil. Ny. R sangat mencemaskan janinnya, berulang kali menanyakan kondisi janinnya ke dokter dan perawat, Ny. R meminta dokter untuk tetap mempertahankan bayinya. Dari pemeriksaan Djj : 115 x/mnt, Suhu: 36,20 C, Nadi : 58x/mt, reguller, kecil, RR : 25 x/ mnt, TD : 90/60 mmHg. Hasil ECG dan foto thoraks tampak cardiomegali

Diskusikan :
1.      Buatlah concept map dari kasus diatas
2.      Diagnosa keperawatan apa saja yang bisa ditegakkan pada kasus diatas (sesuai dengan prioritas)
3.      Tentukan NOC sesuai prioritas diagnosa keperawatan yang ditemukan.
4.      Tentukan NIC sesuai dengan  prioritas diagnosa keperawatan yang ditemukan.
5.      Bagaimana menjelaskan ke pasien dan keluarganya terkait gejala sesak nafas dan mudah pingsan?
6.      Bagaimana edukasi yang perlu diberikan untuk perawatan berkelanjutan selama di rumah apabila Ny R sudah diperbolehkan pulang?


 BAB 4
ASKEP KOMPREHENSIF IBU HAMIL DENGAN AIDS

     
Ny. X,usia  38 tahun, G1, P0, A0 , UK 24 minggu, menikah 15 tahun yang lalu, suami Ny. X bekerja diluar kota, yang pulang tiap 2 bulan sekali. Ny. X datang ke RS dengan keluhan badannya lemes, tidak nafsu makan, diare sejak 1 bulan sebelum MRS, sariawan sejak 1,5 bulan yang lalu. BB di rasakan semakin turun dalam 1 bulan terakhir.   Dari hasil pemeriksaan di dapatkan TB : 150 cm, BB : 40 kg, mukosa bibir Ny. X tampak kering dan pucat, TBJ 700 gram, hasil pemeriksaan laboratorium: CD4 200u/l, limfosit total <900 l.="" span=""> Oleh dokter Ny. X dinyatakan mengidap AIDS. Dokter kemudian menyampaikan kondisi tersebut ke Ny. X dan keluarganya. Ny. X  terkejut dan sangat terpukul dengan kondisi yang dia alami,karena merasa tidak pernah berperilaku menyimpang, pihak keluarga mendesak Ny. X untuk cerai dengan suaminya. Ny. X sering menangis dan menyendiri. Dokter menganjurkan Ny. X untuk sementara di rawat di RS untuk memperbaiki kondisi Ny. X

Diskusikan :
1.      Buatlah concept map dari kasus diatas
2.      Diagnosa keperawatan apa saja yang bisa ditegakkan pada kasus diatas (sesuai dengan prioritas)
3.      Tentukan NOC sesuai prioritas diagnosa keperawatan yang ditemukan.
4.      Tentukan NIC sesuai dengan  prioritas diagnosa keperawatan yang ditemukan.
5.      Bagaimana menjelaskan ke pasien dan keluarganya terkait gejala diare dan sariawan kronis serta penurunan BB?
6.      Bagaimana melakukan pendekatan ke pasien dan keluarganya, terkait dengan kondisi pasien saat ini?
7.      Bagaimana perawatan berkelanjutan selama di rumah apabila Ny D sudah diperbolehkan pulang ?

ROLE PLAY BAB 1
ASKEP PADA IBU DENGAN HIPEREMESIS DAN MALNUTRISI
(KELOMPOK 1)



Skenario :
Ny S usia 25 tahun G1P0A0 hamil 6 minggu datang ke klinik kebidanan mengeluh mual muntah, pusing, selalu muntah setiap kali makan meskipun dengan porsi kecil. Ny S juga merasa mual setiap mencium bau masakan. Ny S mengeluh lemes dan banyak beristirahat di tempat tidur. Dari pemeriksaan berat badan yang dilakukan din poliklinik Ny S mengalami penurunan berat badan sebanyak 2 kg selama hamil, sebelum hamil 50 kg dan setelah kehamilan menginjak 6 minggu, Ny S mengalami penuruan berat badan menjadi 48 kg . Ny S terlihat pucat, konjungtiva anemis.Dari pemeriksaan laboratorium didapatkan hasil  Hb; 8 gr/dl, Ht 24 %, kimia darah protein 2,0. Karena kondisi Ny S sangat lemah saat tiba di rumah sakit Ny S dipasang infuse RL 20 tpm, untuk memperbaiki keadaan umumnya, Ny S, disarankan untk rawat inap.

Role Play
1.      Demonstrasikan kasus diatas
2.      Demonstrasikan cara melakukan pengkajian  antenatal
3.      Demonstrasikan intervensi keperawatan sesuai dengan nanda NOC dan NIC 


 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar