PROGRAM STUDI S-1 ILMU KEPERAWATAN
FAKULTAS ILMU KESSEHATAN
UNIVERSITAS RESPATI YOGYAKARTA
KOMPETENSI MATA KULIAH
MATAKULIAH :
Komprehensif I
KODE : IP0039
SKS : 4 SKS
SEMESTER :
7
PENGAMPU : 1.Santi Damayanti,S.Kep.Ns., M.Kep.Sp. KMB
(SD)4
2.Listyana Natalia R,S.Kep.Ns,MSN (LNR)7
3.
Christin Wiyani,S.Kep.,Ns,MSN (CW)5
5.
Melania Wahyuningsih, S.Kp .,MSN (MW) 5
6.
Lala Budi F,S.Kep.Ns.,M.Kep.,Sp. An (LBF)4
7.
Venny Vidayanti,S.Kep.Ns (VV)3
TELPON/HP : 1. 081329046243 (WA/SMS)
BUKU ACUAN UTAMA :
1.
Wilkinson,JM (2005) Prentice Hall Nursing Diagnosis
handbook with NIC Intervention and NOC Outcomes, upper Saddle River, New
Jersey.
2.
NANDA (2015) Nursing Diagnoses Definitions &
classification 2015-2017, NANDA International, Philadelpia.
3. Mc.Closkey
et.all. Nursing Interventions Clasification (NIC) Mosby.
4. Susana. S.k, dkk (2007) terapi modalitas dalam keperawatan
kesehatan jiwa
5. Budi
anna keliat (et.al); editor fruriolina (2006). Proses keperawatan kesehatan
jiwa edisi 2
6. Suliswati
(et.al); editor monica ester (2005). Konsep dasar keperawatan kesehatan jiwa
7. Sheila l vide beck .(2008). Buku ajar keperawatan jiwa
8. WHO.(2006). Pocket Hospital Care For
Children: Guidelines For The Management Of Common Illness With Limited
Resources.
9. Editor
Waldo Nelson (et.al). (2000). Nelson Ilmu Kesehatan Anak Volume 1-3 Edisi 15.
10. Departemen
Kesehatan dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah (2006). Manajemen Terpadu
Balita Sakit Modul 1-7
11. Persis
Mary Hamilton; Alih bahasa Ni Lu (2000).Dasar-Dasar Keperawatan Maternitas
12. Marlyn
E.Doenges; Mary Francess M (2001). Rencana Perawatan Maternal/ Bayi: Pedoman
Untuk Perencanaan Dan Dokumentasi Perawatan Klien.
13. F.Gary
Gunningham; Paul C McDonald (1995).
Obstetri William
14. Helen
Farrer; alih bahasa Andry Hartono; editor edisi bahasa Indonesia Yasmin Asih
(2002). Perawatan Maternitas
DESKRIPSI SINGKAT MATA KULIAH :
Fokus Pada pembahasan
mengenai penerapan proses keperawatan dalam memenuhi kebutuhan klien anak dan
kebutuhan reproduksi yang dikelola secara komprehensif, baik
biopsikososiokultural.
TUJUAN MATAKULIAH :
- Memberi pemahaman tentang askep pada anak secara komprehensif
- Memberi pemahaman tentang askep pada kebutuhan reproduksi secara komprehensif
- Memberi pemahaman tentang askep pada jiwa secara komprehensif.
EVALUASI :
Sistem penilaian dilakukan dengan
nilai nisbi kelas dengan komposisi
penilaian berikut :
UTS : 25 %, UAS : 30%, Praktek (OSCE) : 15%, Tugas = makalah + Diskusi : 15%, role play : 10% soft skills : 5%
JENIS TUGAS :
Tugas Kelompok :
a. Diskusi kasus
b. Role Play
DOKUMENTASI MAKALAH
1. Makalah harus sudah jadi ketika masuk kelas pertemuan
2. Makalah ditulis tangan yang rapi/diketik
dikertas folio bergaris
3. Cover Makalah berisi judul,nama
dosen pengampu, kelas, nama kelompok, nama anggota kelompok yang hadir saat
diskusi dan nama institusi
4. Anggota kelompok yang tidak
mengerjakan makalah/ tidak hadir selama diskusi, namanya tidak dicantumkan
dalam cover makalah.
5. Makalah dikumpulkan ke masing-masing
dosen pengampu sebelum diskusi dimulai.
PERATURAN ROLE PLAY :
1. Kelompok yang sudah ditunjuk untuk
role play bertanggung jawab terhadap jalannya skenario, SOP tindakan
keperawatan, peminjaman alat dan ruang skills lab.
2. Skenario dan SOP tindakan
keperawatan wajib di konsultasikan ke dosen pengampu materi paling lambat 5
hari sebelum role play.
3. Makalah Role play (skenario+SOP
tindakan keperawatan) wajib diketik dan diserahkan ke dosen pengampu paling
lambat 3 hari sebelum role play.
4. Kelompok role play wajib membagikan
SOP tindakan keperawatan yang sudah di acc dosen pengampu ke kelompok lain.
Dibuat Oleh :
Santi Damayanti, S.Kep.Ns.M.Kep.,Sp. Kep.M.B
Pada tanggal : September 2015
Diperbaiki/Direvisi Oleh : ……..................……………………………………..
METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
A. Kemampuan Intelektual
No.
|
Kemampuan Intelektual
|
Metode dan Strategi Belajar
Mengajar
|
Evaluasi
|
1.
|
Mampu
menganalisa dan berfikir kritis tentang studi kasus yang komprehensif untuk memenuhi kebutuhan klien
pada usia anak dan dewasa dengan gangguan reproduksi
|
Kuliah interaktif
|
Kuis,UTS, UAS
|
2.
|
Mampu
menganalisa masalah kesehatan secara komprehensif pada klien usia anak dan
dewasa dengan gangguan reproduksi
|
||
3.
|
Mampu
melakukan tindakan preventif maupun rehabilitatif secara komprehensif pada
klien dengan usia anak dan dewasa dengan gangguan reproduksi
|
B. Kemampuan Berkarya
No.
|
Kemampuan Berkarya
|
Metode dan Strategi Belajar
Mengajar
|
Evaluasi
|
1.
|
Mampu
menerapkan proses keperawatan secara komprehensif untuk memenuhi kebutuhan
klien pada usia anak dan dewasa dengan gangguan reproduksi
|
Tugas Kelompok
|
Kemampuan kerja tim, kemampuan analisis
|
C. Kemampuan Komunikasi
No.
|
Kemampuan Komunikasi |
Metode dan Strategi Belajar
Mengajar
|
Evaluasi :
|
1
|
Mampu
menerapkan komunikasi interpersonal & terapeutik dalam bermain peran dan
membahas studi kasus secara komprehensif untuk memenuhi kebutuhan klien pada usia
anak dan dewasa dengan gangguan reproduksi
|
Role Play
|
Penguasaan
materi dan keaktifan.
|
D. Kemampuan
Manajerial dan Pengembangan Profesional
No.
|
Kemampuan Manajerial
|
Metode dan Strategi Belajar
Mengajar
|
Evaluasi
|
1.
|
Mampu menerapkan prinsip
safety dan risk managemen dalam penanganan kasus
|
Praktikum
|
Penguasaan materi dan keaktifan
|
2.
|
Mampu menerapkan prinsip
etika dan etiket dalam tindakan keperawatan
|
RPKPS KOMPREHENSIF I
Pokok Bahasan dan Alokasi Waktu
Per
temuan
|
Pokok Bahasan
|
Sub-Pokok Bahasan |
Waktu
|
Metode
Pembela
jaran
|
Pengampu
|
Kelas & Tanggal
|
|||
A.9.1
|
A.9.2
|
A.9.3
|
A.9.4
|
||||||
1
|
Penjelasan silabus
Review pengkajian Askep komprehensif
|
1.
Penjelasan Consept
map
2. Review Pengkajian
secara komprehensif
3. Review Analisa
data
4. Review Diagnosa Nanda
2015-2017(komprehensif)
5. Review NOC
6. Review NIC
|
100
menit
|
Kuliah & diskusi interaktif
|
SD
|
senin
14/9
Sesi 3
|
senin
14/9
Sesi 2
|
senin
14/9
Sesi 5
|
Senin
14/9
Sesi 1
|
2
|
Askep komprehensif ibu hamil dengan diabetes millitus
|
1.
Consept map
2. Pengkajian secara
komprehensif
3. Analisa data
4. Diagnosa Nanda
2015-2017(komprehensif)
5. NOC
1.
NIC
|
100
menit
|
Diskusi
|
SD
|
selasa
15/9
Sesi 1
|
selasa 15/9
Sesi 5
|
selasa 15/9
Sesi 4
|
selasa
15/9
Sesi 3
|
Askep komprehensif pada
ibu hamil dengan penyakit jantung
|
1. Consept map
2.
Pengkajian secara komprehensif
3.
Analisa data
4.
Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5.
NOC
6.
NIC
|
100
menit
|
Diskusi
|
SD
|
senin
21/9
Sesi 3
|
senin
21/9
Sesi 2
|
Senin
21/9
Sesi 5
|
Senin
21/9
Sesi 1
|
|
4
|
Askep komprehensif
ibu hamil dengan AIDS
|
1.
Consept map
2. Pengkajian secara
komprehensif
3. Analisa data
4. Diagnosa Nanda
2015-2017(komprehensif)
5. NOC
6. NIC
|
100
menit
|
Diskusi
|
SD
|
selasa
22/9
Sesi 1
|
selasa
22/9
Sesi 2
|
selasa
22/9
Sesi 5
|
selasa
22/9
Sesi 3
|
5
|
Askep komprehensif pada
ibu dengan hiperemesis & malnutrisi
|
1.
Pengkajian
ANC secara komprehensif ibu dengan risiko
|
120
mnt
|
Role Play
+ Praktikum
|
LNR
|
Rabu
23/9
Sesi 2
|
Rabu
23/9
Sesi 1
|
Rabu
23/9
Sesi 5
|
Rabu
23/9
Sesi 4
|
6
|
Askep komprehensif pada sepsis
|
1.
Consept map
2. Pengkajian secara
komprehensif
3. Analisa data
4. Diagnosa Nanda
2015-2017(komprehensif)
5. NOC
6. NIC
|
100
menit
|
Diskusi
|
LNR
|
senin
28/9
Sesi 3
|
senin
28/9
Sesi 2
|
Senin
28/9
Sesi 5
|
Senin
28/9
Sesi 1
|
7
|
askep komprehensif pada kejang demam
|
1.
Consept map
2. Pengkajian secara
komprehensif
3. Analisa data
4. Diagnosa Nanda
2015-2017(komprehensif)
5. NOC
6. NIC
|
100
menit
|
Diskusi
|
LNR
|
selasa
29/9
Sesi 1
|
selasa 29/9
Sesi 2
|
selasa 29/9
Sesi 5
|
selasa
29/9
Sesi 3
|
8
|
Askep komprehensif pada
BBLR
|
1.
Intervensi pada bayi
BBLR :
a.
Feeding (pemeriksaan
residu)
b.
Termoregulator (KMC)
|
120
menit
|
Role Play
+ Praktikum
|
LNR
|
Rabu
30/9
Sesi 2
|
Rabu
30/9
Sesi 1
|
Rabu30/9
30/9
Sesi 5
|
Rabu
30/9
Sesi 4
|
9
|
Askep komprehensif anak diare
|
1.
Consept map
2. Pengkajian secara
komprehensif
3. Analisa data
4. Diagnosa Nanda
2015-2017(komprehensif)
5. NOC
6. NIC
|
100
menit
|
Diskusi
|
LNR
|
senin
5/10
Sesi 3
|
senin
5/10
Sesi 2
|
senin
5/10
Sesi 5
|
Senin
5/10
Sesi 2
|
10
|
Askep komprehensif tetralogi of fallot
|
1.
Consept map
2. Pengkajian secara
komprehensif
3. Analisa data
4. Diagnosa Nanda 2015-2017(komprehensif)
5. NOC
6. NIC
|
100
menit
|
Diskusi
|
LNR
|
selasa 6/10
Sesi 1
|
selasa 6/10
Sesi 5
|
selasa 6/10
Sesi 4
|
selasa
6/10
Sesi 3
|
11
|
Askep komprehensif pada ikterus neonatorum
|
1.
Askep bayi dengan Foto terapi
|
120
menit
|
Role Play
+ Praktikum
|
LNR
|
Rabu
7/10
Sesi 1
|
Rabu
7/10
Sesi 4
|
Rabu
7/10
Sesi 3
|
Rabu
7/10
Sesi 2
|
12
|
Askep komprehensif
pada ibu Preeklamsia & Hipertensi
|
1.
Consept map
2. Pengkajian secara
komprehensif
3. Analisa data
4. Diagnosa Nanda
2015-2017(komprehensif)
5. NOC
6. NIC
|
100
menit
|
Diskusi
|
MW
|
senin
12/10
Sesi 3
|
senin
12/10
Sesi 2
|
Senin
12/10
Sesi 5
|
Senin
12/10
Sesi 2
|
13
|
Askep komprehensif Hemorragic antepartum
e.c plasenta previa
|
1.
Consept map
2. Pengkajian secara
komprehensif
3. Analisa data
4. Diagnosa Nanda
2015-2017(komprehensif)
5. NOC
6. NIC
|
100
menit
|
Diskusi
|
VV
|
selasa 13/10
Sesi 1
|
selasa 13/10
Sesi 5
|
selasa 13/10
Sesi 4
|
selasa
13/10
Sesi 3
|
14
|
Askep komprehensif pada ibu dengan abortus & anemia
|
1.
Consept map
2. Pengkajian secara
komprehensif
3. Analisa data
4. Diagnosa Nanda
2015-2017(komprehensif)
5. NOC
6. NIC
|
100
mnt
|
Diskusi
|
MW
|
senin
19/10
Sesi 1
|
senin
19/10
Sesi 2
|
senin
19/10
Sesi 5
|
senin
19/10
Sesi 3
|
15
|
Askep komprehensif post partum blues
|
1.
Consept map
2. Pengkajian secara
komprehensif
3. Analisa data
4. Diagnosa Nanda
2015-2017(komprehensif)
5. NOC
6. NIC
|
100
menit
|
Diskusi
|
MW
|
selasa 20/10
Sesi 3
|
selasa 20/10
Sesi 5
|
selasa
20/10
Sesi 5
|
selasa 20/10
Sesi 2
|
16
|
Askep komprehensif pada
ibu dengan SC dan induksi persalinan
|
1.
Pengkajian
INC secara komprehensif ibu dengan risiko
2.
Intervensi secara
komprehensif ibu dengan induksi dan persiapaan SC
|
120
mnt
|
Role Play
+ Praktikum
|
VV
|
Rabu
21/10
Sesi 2
|
Rabu
21/10
Sesi 1
|
Rabu
21/10
Sesi 5
|
Rabu
21/10
Sesi 4
|
17
|
Askep komprehensif pada keluarga dengan infertilitas
dan PMS
|
1.
Consept map
2. Pengkajian secara
komprehensif
3. Analisa data
4. Diagnosa Nanda
2015-2017(komprehensif)
5. NOC
6. NIC
|
100
menit
|
Diskusi
|
MW
|
senin
26/10
Sesi 1
|
senin
26/10
Sesi 2
|
senin
26/10
Sesi 5
|
senin
26/10
Sesi 3
|
18
|
Askep komprehensif
Post Partum Bleeding (HPP)
|
1.
Consept map
2. Pengkajian secara
komprehensif
3. Analisa data
4. Diagnosa Nanda
2015-2017(komprehensif)
5. NOC
6. NIC
|
100
menit
|
Diskusi
|
MW
|
selasa 27/10
Sesi 3
|
selasa 20/10
Sesi 1
|
selasa
20/10
Sesi 1
|
selasa 20/10
Sesi 2
|
19
|
Askep komprehensif
dengan anak gangguan Tumbang
|
1.
Pengkajian
keluarga dengan anak gangguan tumbang secara komprehensif
2.
Penggunaan KMS
|
120
menit
|
Role Play
+ Praktikum
|
LBF
|
Rabu
28/10
Sesi 3
|
Rabu
28/10
Sesi 2
|
Rabu
28/10
Sesi 5
|
Rabu
28/10
Sesi 4
|
|
UTS 2
NOVEMBER – 13 NOVEMBER 2015
|
||||||||
20
|
Askep
komprehensif ibu dengan kanker serviks dan
kanker mamae
|
1.
Consept map
2. Pengkajian secara
komprehensif
3. Analisa data
4. Diagnosa Nanda
2015-2017(komprehensif)
5. NOC
6. NIC
|
100
menit
|
Diskusi
|
VV
|
senin
16/11
Sesi 1
|
senin
16/11
Sesi 2
|
senin
16/11
Sesi 5
|
senin
16/11
Sesi 3
|
21
|
Askep
komprehensif pada keluarga dengan anak/
remaja dengan depresi
|
1.
Consept map
2. Pengkajian secara
komprehensif
3. Analisa data
4. Diagnosa Nanda
2015-2017(komprehensif)
5. NOC
6. NIC
|
100
menit
|
Diskusi
|
CW
|
selasa
17/11
Sesi 3
|
selasa
17/11
Sesi 1
|
selasa
17/11
Sesi 1
|
Selasa
17/11
Sesi 2
|
22
|
Askep komprehensif pada klien phobia
|
Pengkajian &
intervensi komprehensif phobia
|
120
menit
|
Role Play
+ Praktikum
|
CW
|
Rabu
18/11
Sesi 3
|
Rabu
18/11
Sesi 2
|
Rabu
18/11
Sesi 5
|
Rabu
18/11
Sesi 4
|
23
|
Askep komprehensif anak dengan PICA
|
1.
Consept map
2. Pengkajian secara
komprehensif
3. Analisa data
4. Diagnosa Nanda
2015-2017(komprehensif)
5. NOC
6. NIC
|
100
menit
|
Diskusi
|
CW
|
Kamis
19/11
Sesi 2
|
Kamis
19/11
Sesi 1
|
Kamis
19/11
Sesi 5
|
Kamis
19/11
Sesi 4
|
24
|
Askep
komprehensif pada anak/ remaja dengan perilaku transeksual
|
1.
Consept map
2. Pengkajian secara
komprehensif
3. Analisa data
4. Diagnosa Nanda
2015-2017(komprehensif)
5. NOC
6. NIC
|
100
menit
|
Diskusi
|
CW
|
senin
23/11
Sesi 1
|
senin
23/11
Sesi 2
|
senin
23/11
Sesi 5
|
senin
23/11
Sesi 3
|
25
|
Askep
komprehensif pada keluarga dengan anak child abuse
|
1.
Consept map
2. Pengkajian secara
komprehensif
3. Analisa data
4. Diagnosa Nanda
2015-2017(komprehensif)
5. NOC
6. NIC
|
100
menit
|
Diskusi
|
CW
|
selasa
24/11
Sesi 3
|
selasa
24/11
Sesi 1
|
selasa
24/11
Sesi 1
|
Selasa
24/11
Sesi 2
|
26
|
Askep komprehensif leukemia
|
1.
Consept map
2. Pengkajian secara
komprehensif
3. Analisa data
4. Diagnosa Nanda
2015-2017(komprehensif)
5. NOC
6. NIC
|
100
menit
|
Diskusi
|
LBF
|
Kamis
26/11
Sesi 2
|
Kamis
26/11
Sesi 1
|
Kamis
269/11
Sesi 5
|
Kamis
26/11
Sesi 4
|
27
|
Askep komprehensif anak dengan thalasemia
|
1.
Consept map
2. Pengkajian secara
komprehensif
3. Analisa data
4. Diagnosa Nanda
2015-2017(komprehensif)
5. NOC
6. NIC
|
100
menit
|
Diskusi
|
LBF
|
senin
30/11
Sesi 1
|
senin
30/11
Sesi 2
|
senin
30/11
Sesi 5
|
senin
30/11
Sesi 3
|
28
|
Askep
komprehensif anak Retardasi Mental
|
1.
Consept map
2. Pengkajian secara
komprehensif
3. Analisa data
4. Diagnosa Nanda
2015-2017(komprehensif)
5. NOC
6. NIC
|
100
menit
|
Diskusi
|
LBF
|
selasa
1/12
Sesi 3
|
selasa
1/12
Sesi 1
|
selasa
1/12
Sesi 1
|
Selasa
1/12
Sesi 2
|
|
|
Total
|
2100
menit
|
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar